Khasiat dan Efek Samping Bawang Putih

Tahukah anda apa saja manfaat yang terdapat di dalam Bawang Putih Bawang Putih Allium sativum ) hidup dan tumbuh untuk dua tujuan, yaitu Kuliner dan Obat-obatan.  Namun, Bawang Putih sekarang lebih populer pada bidang kuliner di bandingkan pada bidang Obat-obatan. Untuk itu, mari kita mengenal tentang bawang putih sebagai bahan obat-obatan.

Ramuan yang digunakan sebagai penyedap makanan dan sudah tersebar luas di penjuru dunia, juga telah di kenal sebagai obat-obatan pada jaman kuno maupun modern untuk mencegah dan mengobati berbagai kondisi penyakit.



Inilah manfaat dan efek samping pada bawang putih


Sejarah singkat tentang Bawang Putih yang digunakan "Sebagai Sarana Penyembuhan"

Bawang putih telah digunakan di seluruh dunia selama ribuan tahun. Catatan menunjukkan bahwa bawang putih telah digunakan ketika piramida Giza dibangun, sekitar lima ribu tahun yang lalu.

Richard S. Rivlin menulis dalam Journal of Nutrition1 bahwa dokter Yunani kuno Hippocrates (sekitar. 460-370 SM), yang sekarang dikenal sebagai "bapak kedokteran Barat", resep bawang putih untuk berbagai kondisi dan penyakit. Hippocrates mempromosikan penggunaan bawang putih untuk mengobati masalah pernapasan, parasit, pencernaan yang buruk dan kelelahan.

Para atlet Olimpiade asli di Yunani Kuno diberi bawang putih - mungkin contoh paling awal dari "meningkatkan kinerja" agen yang digunakan dalam olahraga.

Dari Mesir Kuno bawang putih menyebar ke peradaban kuno lanjutan lembah sungai Indus (Pakistan dan India barat saat ini). Dari sana itu membuat jalan ke Cina.

Menurut para ahli di Kew gardens2, pusat botani kerajaan Inggris unggul, orang-orang India kuno menghargai sifat terapeutik bawang putih dan juga berpikir untuk menjadi aphrodisiac. Kelas atas dihindari bawang putih karena mereka membenci bau yang kuat, sementara biksu, janda, remaja dan orang-orang yang telah mengambil sumpah atau sedang berpuasa tidak bisa makan bawang putih karena kualitas stimulan".

Sepanjang sejarah di Timur Tengah, Asia Timur dan Nepal, bawang putih telah digunakan untuk mengobati bronkitis, hipertensi (tekanan darah tinggi), TB (tuberculosis), gangguan hati, disentri, perut kembung, kolik, cacingan, rematik, diabetes, dan demam .

Perancis, Spanyol dan Portugis memperkenalkan bawang putih ke Dunia Baru.

Rivlin menemukan hal menarik bahwa beberapa kebudayaan dalam sejarah yang pernah kontak dengan satu sama lain memiliki kesimpulan yang sama mengenai manfaat terapi bawang putih.


Nutrisi yang terdapat Pada Bawang Putih

Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi yang terdapat pada Bawang Putih/100g 

Energi
623 kJ (149 kcal)
Karbohidrat
33.06 g
Gula
1.00 g
Serat Makanan
2.1 g
Lemak
0.5 g
Protein
6.39 g
Karotin
5 mg
Thiamine ( Vit B1 )
0.2 mg
Ribloflavin ( Vit B2 )
0.11 mg
Niacin ( Vit B3 )
0.7 mg
Pantothenic acid ( Vit B5 )
0.596 mg
Vitamin B6
1.235 mg
Folate ( Vit B9 )
3 mg
Vitamin C
31.2 mg
Calcium
181 mg
Iron
1.7 mg
Magnesium
25 mg
Phospor
153 mg
Potassium
401 mg
Sodium
17 mg
Zinc
1.16 mg

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan Bawang Putih

Bawang putih banyak digunakan untuk beberapa kondisi yang terkait dengan sistem darah dan jantung, termasuk aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), kolesterol tinggi, serangan jantung , penyakit jantung koroner dan hipertensi.

Bawang putih saat ini juga digunakan oleh sebagian orang untuk pencegahan kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker perut, kanker dubur, dan kanker usus besar.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sudah teruji dan mampu di obati hanya dengan Bawang Putih.

1. Menghilangkan Infeksi Jamur pada Vagina

Sebuah siung bawang putih segar dapat dengan mudah menyembuhkan infeksi jamur. Caranya adalah dengan menangkap infeksi di awal. Seorang wanita yang menderita infeksi jamur sering mengetahui perasaan dengan baik. Hari pertama, dia merasa hanya terasa menggelitik dan gatal yang datang dan pergi. Keesokan harinya, atau kadang-kadang dua atau tiga hari kemudian, keputihan mulai terlihat putih dan kental seperti potongan-potongan kecil keju cottage. Pada saat ini, ia memiliki infeksi jamur  dan bibir vagina sering merah dan sakit.

2. Menyembuhkan Kanker Paru-paru

Orang-orang yang telah memakan bawang putih mentah memiliki keuntungan lebih tinggi untuk menghindar dari kanker paru-paru.  Para penulis penelitian menulis "hubungan pelindung antara asupan bawang putih mentah dan kanker paru-paru telah diamati dengan pola dosis-respons, menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi dapat berfungsi sebagai zat kemopreventif pada kanker paru-paru."

3. Menyembuhkan Kanker Otak

Senyawa organo-sulfur ditemukan dalam bawang putih dan telah diidentifikasi sebagai cara efektif dalam menghancurkan sel-sel dalam glioblastomas, jenis tumor otak yang mematikan. Tiga senyawa organo-sulfur murni dari bawang putih - DAS, DADS dan DATS - "menunjukkan keberhasilan bawang putih dalam memberantas sel-sel kanker otak, tapi DATS terbukti paling efektif".

4. Menurunkan Kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi

Suplementasi ekstrak bawang putih meningkatkan profil lipid darah, memperkuat potensi antioksidan darah, dan menyebabkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal ini juga menyebabkan penurunan dalam tingkat produk oksidasi dalam sampel darah, yang menunjukkan reaksi oksidasi berkurang dalam tubuh. Dengan kata lain, suplemen ekstrak bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, dan juga tekanan darah pada pasien hipertensi.

5. Mencegah dan Melawan Lemah Syahwat ( impotensi )

Arteri dalam tubuh mulai kehilangan kemampuan untuk membesar, yang dapat menghambat aliran darah. Hal ini disebabkan, sebagian, untuk pengurangan produksi enzim yang dikenal sebagai Nitrat Oksida Sintase, atau NOS. Bawang putih mengandung NOS, enzim yang memainkan peran besar dalam mekanisme ereksi, dan bawang putih telah terbukti untuk merangsang produksi NOS, catatan kesehatan Bimbingan. Bukti, bagaimanapun, adalah jarang dan studi lebih harus dilakukan untuk memverifikasi efektivitas NOS dari bawang putih dan itu berpengaruh pada lemah syahwat pada manusia.

6. Membantu Menghilangkan Jerawat

Bawang putih mengandung antioksidan yang paling kuat dari makanan apapun. Senyawa yang disebut Allicin memberikan bawang putih rasa dan bau yang unik. memiliki kapasitas untuk terurai menjadi asam sulfenic antioksidan utama. Reaksi antara asam sulfenic dan radikal secepat itu bisa, hanya dibatasi oleh waktu yang diperlukan untuk dua molekul bersentuhan. Tidak ada yang pernah melihat komponen, secara alami atau sintetis, bereaksi dengan cepat sebagai antioksidan. Untuk tutorialnya, silahkan baca artikel tentang Cara mudah menghilangkan jerawat dengan Bawang Putih

7. Melindungi Terhadap Serangan Jantung

Bawang putih memiliki sejarah panjang digunakan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh karena sifat antiseptik, anti-jamur dan gizi nya. Ini adalah detoxicant alami melindungi terhadap infeksi bakteri dan virus tanpa ada efek samping yang berkaitan dengan antibiotik. Dimakan mentah atau dalam kapsul, penelitian menunjukkan itu adalah obat pencegahan yang baik terhadap batuk, pilek dan infeksi dada selama musim dingin atau sebagai cepat bertindak antibiotik alami jika infeksi hadir. Selama Perang Dunia Pertama, jus bawang putih mentah digunakan sebagai antiseptik untuk mandi. Bawang putih dikemas dengan nutrisi, terutama vitamin B1, B6 dan C, zat besi dan fosfor dan alliin yang mengkonversi ke allicin, yang dianggap sebagai konstituen antibakteri utama pada bawang putih.

8. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Infeksi mikroba selama kehamilan dapat meningkatkan risiko seorang wanita kelahiran prematur, beberapa penelitian telah menunjukkan. Para ilmuwan di Divisi Epidemiologi, Norwegia Institute of Public Health, ingin mengetahui makanan apa dampak pada infeksi antimikroba dan risiko kelahiran prematur. Bawang Putih menunjukkan janji besar untuk mengurangi risiko kelahiran prematur, karena terdapat senyawa Alliums.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Bawang Putih

Tidak semua tanaman obat-obatan hanya memiliki kelebihan saja, namun di balik kelebihan itu masih terdapat kekurangan yang tidak di inginkan bagi yang mengkonsumsi bawang putih. Berikut ini adalah efek samping yang paling umum. Apa saja itu ? Mari kita lihat bersama.
  1. Bau Nafas tidak segar
  2. Bau badan yang tidak menyenangkan
  3. Mulas
  4. Mulut / Tenggorokan terasa terbakar
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Diare
  8. Bila di terapkan pada kulit, akan ada bercak-bercak merah seperti bengkak.
  9. Mudah mimisan
  10. Pendarahan Gusi
Dari data diatas, bukan merupakan data lengkap efek samping, masih ada banyak lagi yang belum kita ketahui. Atau anda bisa menghubungi dokter untuk berkonsultasi tentang efek samping yang lebih detail.

Fakta dan beberapa Penelitian tentang Bawang Putih yang tidak kamu ketahui

Banyak penelitian tentang khasiat bawang putih yang masih di lakukan oleh beberapa dokter, ilmuwan maupun masyarakat sekitar. Meski ada fakta yang masih meragukan dari masyarakat, namun beberapa ilmuwan tetap mempercayainya. Karena sifat bawang putih yang berbeda-beda. Berikut ini saya rangkum tentang fakta dan beberapa penelitian yang saya temukan di berbagai website dan teman saya.
  • Hancuran bawang putih dapat digunakan sebagai ganti untuk luka luar. Ini telah digunakan secara luas dan berhasil dan juga pada saat Perang Dunia II untuk obat antibiotik dan antiseptik.
  • Bawang putih segar umumnya bebas bau sampai hancur. Ini adalah allicin polysulphide, serta zat-zat lain seperti adenosin dan ajoene, yang merupakan kunci untuk manfaat kesehatan bawang putih.
  • Sebuah penelitian di Pennsylvania University menemukan bahwa senyawa yang disebut Dialil disulfida dalam bawang putih bisa menyusutkan sel kanker pada usus.
  • Sebuah studi Washington State University penting telah dibuktikan bahwa senyawa Dialil disulfida adalah 100 kali lebih efektif dibandingkan antibiotik lain dalam mengurangi penyakit pencernaan bakteri.
  • Dapat di gunakan untuk mengobati jerawat, kutil dan sakit gigi.
  • Bau bawang putih dapat dihapus dengan menjalankan tangan Anda dengan air dingin sambil menggosok benda stainless .
  • Rasa pedas pada bawang putih adalah karena reaksi kimia yang terjadi ketika sel-sel bawang putih yang rusak. Rasa yang paling intens terjadi setelah mengiris.
  • Jika kebun mawar anda sedang diserang oleh kutu, obat yang sangat baik untuk menyingkirkan mereka adalah campuran bawang putih dan air.
  • Bawang putih telah digunakan untuk menanamkan vodka dan sebagai bahan untuk membuat koktail.
Dari data penelitian di atas masih belum lengkap, masih ada banyak fakta tentang bawang putih ini.

Semoga artikel kami bermanfaat bagi kita semua.

Pasang Iklan

Pasang iklan di blog ini murah di jamin visitor meningkat drastis!

Newest
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
May 3, 2017 at 6:34 AM ×

batu villa keluarga
kami menyediakan villa dengan berbagai tipe dan fasilitas sesuai engan kebutuhan anda..
lokasi dekat dengan
jawa timur park 1
museum angkut
kusuma agro
alun2 kota batu
dan lokasi tujuan wisata lainya..
cocok untuk acara keluarga/kantor maupun reuni..

kami juga menyediakan jasa layanan katering
dengan berbagai menu dan cita rasa kas ..dengan harga yang bersahabat...

iwan
081233276457 // WA
793278b3
batuvilakeluarga.blogspot.com

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar